Gardapublik.id| DPR RI beserta Kominfo Melaksanakan kegiatan webinar Ngobrol Bareng Legislator melalui zoom meeteng dengan tema Meningkatkan Personal Branding. Selasa, 09 Mei 2023
Webinar tersebut diikuti oleh sekitar 214 peserta dengan
Narasumber sebagai berikut :
1. Dr. Sukamta [Anggota Komisi 1 DPR RI-Fraksi PKS]
2. Heryadi Silvianto, M.Si. [Dosen Komunikasi Strategis Universitas Multimedia Nusantara (UMN)]
3. Yudha Yuliardi [Konsultan Digital Branding]
Saat ini perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat berpengaruh besar terhadap situasi kehidupan sehari-hari. Penggunaan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone atau tablet mengalami peningkatan yang sangat tinggi. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan kebutuhan akan jaringan internet. Banyak hal yang dapat dilakukan, dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet saat ini.
Perkembangan teknologi informasi dan media jejaring sosial saat ini menyebabkan pembentukan personal brand melalui media sosial semakin penting. Identitas diri individu dibentuk secara simultan dalam ruang virtual maupun dalam realitas masyarakat sosial. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai pengguna aktif media sosial.
Menurut laporan terbaru We Are Social dan
Hootsuite, jumlah pengguna media sosial di
seluruh dunia mencapai 4,76 miliar pada Januari
2023. Angka ini setara 59,4% dari total populasi
dunia saat ini.
Jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia
per Januari 2023 sebesar 167 juta/ 60,4% dari
populasi. Rata-rata durasi ber-Medsos setiap
hatrinya, 3 jam 18 menit.
Pengguna Twitter, memiliki 19,5 juta pengguna di Indonesia dari total 500 juta pengguna global. Twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling besar di dunia.
Melihat data diatas, tentu saja ini merupakan sebuah peluang yang sangat besar dalam memanfaatkan media sosial sebagai personal branding bagi sebuah instansi dan pengusaha bisnis yang saat ini dirasa masih banyak yang belum memanfaatkan peluang tersebut untuk “memasarkan” dirinya sendiri kepada masyarakat luas.
Melihat definisi dari personal branding diatas, hal ini tentu saja selain dalam dunia usaha, tentu saja personal branding ini juga dapat diterapkan pada intansi dan pengusaha bisnis dalam hal ini adalah sebuah instansi dan perusahaan untuk lebih mendekatkan lagi nilai-nilai atau value yang ada dimiliki pada instansi dan perusahaan tersebut dengan memanfaatkan jejaring media sosial.
Menurut Dr. Sukamta Contoh pentingnya Kekuatan Visual :
❑ Rata-rata pengguna (user) hanya membaca
28% kata per kunjungan.
❑ Rentang perhatian orang dewasa modern
rata-rata berkisar antara 2,8 dan 8 detik.
❑ 94% dari total rata-rata view tertarik pda
konten yang berisikan kompilasi gambar.
❑ Sebuah laman/situs mengalami 14%
keterbacaan ketika ada foto.
❑ 46,1% orang mengatakan desain situs web
adalah kriteria nomor satu untuk melihat
kredibilitas organisasi.
Adapun cara memanfaatkan media sosial untuk personal branding adalah sebagai berikut:
1. Mengenali diri lebih jauh kemudian deskripsikan diri dengan cara yang menarik di profil Facebook, bio Twitter, Instagram, maupun Whatshap.
2. Membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat terkait dengan keahlian anda.
3. Gunakan Etika yang baik.
4. Tingkatkan interaksi sosial secara online dengan para audiens. (Red)